by

Danny Canangkan Makassar Kota Ramah Autis


smartcitymakassar.com –Makassar- Wali kota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto terus melakukan berbagai upaya menciptakan Makassar sebagai kota yang nyaman untuk semua. Salah satunya dengan mencanangkan kota layak bagi para penyandang autis.

Karenanya, Sabtu 2 April 2016, bertepatan dengan hari pedulu autis sedunia 2016, Danny menginisiasi sebuah gerakan yang dinamainya Gammara Autisme atau Gerakan Masyarakat Makassar Peduli Autisme di anjungan pantai city of Makassar.

“Kita terus melakukan berbagai upaya sehingga kota ini nyaman untuk semua, layak anak dan tak terkecuali bagi penyandang autis”, ucapnya.

Di Makassar sendiri kata Danny telah ada sekolah inklusif yakni sekolah yang menggabungkan layanan pendidikan khusus dan reguler.

“Tinggal kita terus perkuat, lebih sempurnakan lagi dan insya Allah kita akan perbanyak,” pungkasnya.

Danny pun menyampaikan apresiasi mendalam terhadap orang tua yang mengasuh anak penyandang autis. Baginya merawat anak bukanlah hal yang mudah apalagi dengan anak yang terdeteksi mengalami gangguan autis.

Ketua Para Orang Tua Autis (POAM) Makassar Sinta Meroriani Kristanto mengatakan bahwa dalam rangka menindaklanjuti gagasan wali kota Makassar dalam mencanangkan kota layak autis pihaknya telah bekerja sama dengan TP PKK Makassar untuk terus memberi pengetahuan dan sosialisasi mendeteksi penyandang autis di setiap kelurahan.

“Hal ini dimaksudkan agar masyarakat dapat lebih ramah autis, mengenali gejalanya, mau menerima, dan menumbuhkan harapan serta semangat hidup bagi mereka,” tuturnya.

Sinta menambahkan bahwa dengan adanya sosialisasi dan penyuluhan autis hingga ke bawah diharapkan para penderita bisa mendapat kesamaan dalam pendidikan, kesehatan dan perlindungan hukum.

Dengan demikian para penderita autis bisa sedini mungkin dibantu berkembang secara maksimal dan bebas dari diskriminasi.(Iskandar Burhan)

Comment