by

"SOROT" Diskominfo Makassar Untuk Respon Cepat Keluhan Publik

Aplikasi “Sorot” Diskominfo Kota Makassar untuk Respon Cepat Keluhan Publik.
Sumber Foto: Humas Dinas Kominfo Kota Makassar, 2016. (Makassar Smart and Sombere’ City)


Smartcitymakassar.com. –Makassar- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar merespon cepat keluhan publik dalam bentuk penyediaan aplikasi bernama “Sorot”. Menurut Kepala Dinas (Kadis) Kominfo, Muhammad Ismounandar, “ini aplikasi online yang menghubungkan langsung warga dengan unit kerja dan Pak Wali Kota”. 

Ismounandar menambahkan bahwa betul-betul semua keluhan layanan publik yang disampaikan warga bisa langsung sampai ke instansi yang berwenang, dan ada notifikasi jika keluhan sudah atau belum ditindaklanjuti. Wali Kota, via ‘smartphone’, bisa langsung memantau ‘real-time’ lewat aplikasi ini, jelasnya lagi setelah bertemu dengan delegasi pengembang aplikasi ini di Ruang Rapat ‘War Room’, Balaikota Makassar, Kamis (24/03/2013).

lewat aplikasi ini yang merupakan hasil kerjasama Pemkot Makassar dengan Prof. Dr. Suhono Harso Supangkat, salah satu tokoh Smart City, masyarakat dapat menyampaikan keluhan terkait, misalnya, fasilitas publik seperti sampah tidak terangkut, layanan air minum tidak jalan, macet, parkir semrawut, dan peristiwa kriminal. Warga dapat mengunggah foto dan video terkait keluhannya. Selain berfungsi sebagaimana layanan publik, aplikasi ini juga “menjadi salah satu alat ukur untuk memberikan penilaian kinerja di setiap instansi pemerintah Kota Makassar,” jelas Ismounandar.

Menyangkut ‘launching’ aplikasi yang berbasis ‘Android Operating System’ dan juga menyediakan fasilitas SMS ini, menurut Ismounandar, ada sejumlah tahapan persiapan sementara dikerjakan. “Yang paling penting adalah sosialisasi ke masyarakat karena bagaimanapun jika ini tidak dipahami dengan baik, tentu kinerjanya tidak maksimal.”

“Termasuk juga pelatihan terhadap unit kerja yang terkait pelayanan langsung kepada publik, seperti Dinas Kebersihan, PDAM, Catatan Sipil, Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, Satpo PP, Camat dan Lurah, dan Unit Kerja lainnya, termasuk Operator Room,” lanjut Ismounandar terkait sosialisasi aplikasi ini.* (Iskandar Burhan)

Comment