by

Di atas Eskavator, Danny Pantau Pekerjaan TPA


Hanya sehari, Bau Tak sedap berhasil teratasi

smartcitymakassar.com – Makassar- Wali kota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto secara intens melakukan pemantauan pekerjaan TPA Antang, kecamatan Manggala.

‘FooterBanner’


Terlihat beberapa saat sebelum akhirnya berkeliling memantau kondisi terakhir TPA tersebut, Ia sempat naik ke atas sebuah alat berat jenis eskavator (excavator) yang sedang bekerja.

Dengan mengenakan kemeja biru, celana hitam dan sepatu boot, Danny berdiri di belakang operator memberi arahan.

“Alhamdulillah, kondisi TPA sudah semakin baik. Akses masuk ke pembuangan yang sebelumnya tertutup gunungan sampah kini sudah tembus dan bisa dilewati,” ucapnya, kamis, (24/3).

Sebanyak 8 unit eskavator dikerahkan bekerja 2×24 jam secara terus menerus melakukan perbaikan demi kenyamanan warga Makassar.

Alhasil, bau tidak sedap yang sempat tercium di beberapa lokasi akibat gas metan yang terjebak di lapisan bawah tumpukan sampah tersebut kini sudah berhasil diatasi.

“Ternyata dalam sehari kita bisa menyelesaikan masalah bau tak sedap itu. Itu semua karena selama 10 tahun terakhir memang dak pernah dibongkar,” ucapnya lagi.

Itulah yang diangkat, kata Danny sehingga gas yang sudah lama terjebak terlepas ke udara. Tapi menurutnya lebih baik merasakan bau sehari tapi itu semua untuk melepaskan warga dari bau yang berkepanjangan dan menjadikan TPA bintang lima pertama di Indonesia.

“Tinggal sedikit, sisa slopnya (kemiringan pada pinggiran) yang kita perbaiki agar tidak mudah longsor saat hujan, setelah itu kita tutup di atasnya,” pungkasnya.

Akhir bulan ini, di tempat yang sama Danny akan melantik kepala sekolah hasil lelang kemarin. Selain itu, ia juga berencana akan mengadakan kegiatan sarapan bareng di TPA ini.(Iskandar Burhan)

Comment