by

Kelurahan Pandang Sosialisasi Kantong Plastik Sortir dari Lorong ke Lorong

Sosialisasi kantong sampah plastik sortir MTR di Kelurahan Pandang, Kecamatan Panakkukang.
Sumber Foto: Nawir, Lurah Pandang, Makassar, 2016

Smartcitymakassar.com. –Makassar- Kelurahan Pandang, Kecamatan Panakukang mengadakan  sosialisasi kantong sampah plastik sortir MTR dari lorong ke lorong di kawasan Perumahan Pandang. Tujuannya adalah maksimalisasi pemilahan sampah dan mereduksi volume sampah yang akan dibawa ke TPA.

Keempat jenis kantong pelastik sampah sortir ini yakni sampah organik, plastik, kertas dan kaleng. Khusus bagi warga kurang mampu akan mendapatkan kantong sampah berwarna orange, sementara bagi masyarakat yang dianggap mampu akan diberikan warna hujau.

Menurut Lurah Pandang, Nawir, sosialisasi dimulai dari RW 7 dan bergerak dari lorong ke lorong di semua RW dalam Kelurahan Pandang. Di kelurahan ini terdapat 7 RW, 43 RT, dan  67 lorong. Model ini dianggap lebih efektif.  “Lebih efektif jika langsung turun ke masyarakat daripada mengundang mereka ke kantor lurah, termasuk kepada kelompok bank sampah. Warga sangat antusias dan responnya sangat baik,” jelas Nawir.
Nawir menambahkan bahwa model proses edukasi ini akan dilanjutkan misalnya pada sejumlah tempat umum, seperti tempat ibadah, masjid dan gereja, dan sekolah termasuk kawasan pertokoan dan Pasar Segar.* (Iskandar Burhan)

Comment