by

Lions Clubs Internasional:Hadir untuk Melayani

smartcitymakassar.com -MAKASSAR- Didirikan di Amerika Serikat pada tahun 1917 dengan nama The Internasional Association of Lions Clubs (Lions Clubs Internasional), gaung organisasi relawan ini tak pernah surut. Di Indonesia, sebagai wadah pengabdian dan pelayanan untuk masyarakat, kehadiran Lions Club dengan nama Lions Club of Djakarta sejak tahun 1969 menandai jejak kiprah pelayanan organisasi ini.

Lions adalah akronim dari Liberty, Intelligence, Our Nation, Safety yang mengandung arti “Kebebasan, Kecerdasan (untuk) Keselamatan Bangsa Kita”. Organisasi pelayanan masyarakat yang memiliki perwakilan di PBB ini, tercatat telah melakukan pengabdian dalam pelayanan masyarakat kurang beruntung sejak 18 November 1969 dan pada 1 Juli 1975 Lions Clubs Indonesia resmi dicanangkan.
Dalam lingkungan organisasi nirlaba di mana pun, para relawan yang tergabung dalam Lions Clubs telah banyak membuktikan diri sebagai sosok-sosok yang terdepan dalam menggerakkan aksi kepedulian pada masyarakat. “Peduli dan siap melayani berbagai kepentingan masyarakat, baik lokal, nasional maupun dunia merupakan prinsip pelayanan yang ditanamkan secara teguh pada setiap anggota relawan.
Berasal dari berbagai ragam lingkungan profesi, bangsa dan agama,  para anggota Lions Clubs bergerak dengan kerja pelayanan dan pengabdiannya. Peningkatan kesejahteraan rakyat merupakan basis kerja pelayanan yang menjadi rujukan pokok setiap aktivitas organisasi. Solidnya kekuatan organisasi yang terbangun serta jejaring kerja yang sangat luas menjadikan organisasi ini memang terbilang jauh melampaui gerak kiprah organisasi relawan lain di Indonesia.
Jejak kiprah Lions Clubs dalam proses kerja pengabdiannya pada masyarakat memang telah jauh tertanam dalam setiap kerja pelayanan. Kemampuan organisasi ini untuk menarik minat para relawannya merupakan salah satu nilai tambah mengapa Lions Clubs mampu menjadi organisasi dunia yang sangat berpengaruh. Bagaimana tidak, dalam gerak organisasinya, Lions Clubs bukan saja menjadi ‘pelayan masyarakat’, namun lebih dari itu, organisasi ini juga sangat bermanfaat bagi para anggota relawannya sendiri.
Berbagai maanfaat langsung bisa didapatkan oleh para anggota Lions Clubs ini, antara lain memperkuat jaringan relationship dengan latar profesi, bangsa dan agama yang berbeda, meningkatkan potensi kepemimpinan lewat berbagai jenjang jabatan di lingkungan Clubs, Distrik dan Internasional. Di samping itu, keungtungan yang didapatkan adalah kesempatan untuk mengembangkan bakat serta mengikuti pelatihan kepemimpinan (Leadership Training) serta yang lebih utama adalah mampu menjadikan hidup berguna bagi orang lain.

Dalam kerja pelayanan masyarakat Lions Clubs, tercatat ada 7 kategori program kegiatan yang telah dicanangkan pada masing-masing Club. Setiap Club dapat memilih salah satu kegiatan sebagai bagian dari kerja pelayanannya. Tujuh kategori program tersebut antara lain, pengabdian pada masyarakat, program penyuluhan dan penanggulangan diabetes, program kelestarian lingkungan dan perawatan pendengaran dan bakti bagi para tuna rungu. Dengan program kegiatan ini, Lions Clubs terus bergerak menjadi sebuah organisasi relawan dunia yang mumpuni dan sangat disegani.* 
(Thoha Pacong)

‘PostBanner’

Comment