by

Resensi Buku: 70 Hal yang Menghancurkan Bisnis Anda




Judul: 70 Hal Yang Menghancurkan Bisnis Anda
Penulis: Andi M. Sadat
Waktu Terbit: Oktober 2015
Penerbit: BIP (Kelompok Gramedia)
Tebal Halaman: 156 Halaman
Peresensi: Febriana D.
Smartcitymakassar.com. –Makassar- Banyak perusahaan yang mencoba keluar dari jebakan krisis yang terus mendera saat ini, namun mereka tetap mempertahankan prilaku-prilaku kontra produktif yang sangat resisten terhadap perubahan. Hasilnya bisa ditebak, banyak yang harus gulung tikar atau hanya mampu berjalan di tempat.

Buku ini merekam berbagai kisah manajemen dan pemasaran yang kontra-produktif dengan upaya perusahaan untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik. Sebanyak 70 kasus bisnis khas Indonesia yang dikombinasikan dengan ilustrasi menarik berhasil dikemas dalam buku ini, sekaligus membuka mata bahwa ada begitu banyak kejadian di sekeliling kita yang kontra produktif dengan upaya membangun tata kelola perusahaan yang baik agar bisa tumbuh lebih baik.

Berbeda dengan buku-buku bisnis lainnya, buku ini memotret kisah-kisah sederhana yang memiliki implikasi besar terhadap aktivitas organisasi bisnis. Bisa saja, apa yang terekam di dalamnya luput dari perhatian manajemen perusahaan karena dianggap sepele dan bukan “mainstream”. Namun, harus disadari bahwa sesuatu yang sepele bila terakumulasi akan menyulitkan dan menjadi ancaman bagi eksistensi sebuah bisnis di kemudian hari. Keunikan lainnya, buku ini meneropong kasuskasus “real” Indonesia dari beragam perspektif, mulai dari Pelayanan, Produk, Manajemen, SDM, Strategi, hingga mindset. Semuanya tersaji dalam gaya bahasa yang ringan dan lugas, sehingga anda tidak perlu berpikir keras untuk memahami konteks dan isinya.

Singkatnya, apa yang disajikan dalam bukuini menjadi masukanberharga yang dapat membukakan mata dan pikiran para pelaku usaha untuk bisa berbuat lebih optimal terhadap apapun jenis bisnis yang sedang digeluti. Buku dapat berkontribusi secara langsung kepada siapa saja yang hendak memulai, mempertahankan dan mendorong bisnisnya dalam semua level (mikro—kecil—menengah—korporasi) agar dapat tumbuh, eksis di belantara pasar yang sarat persaingan.  Selamat membaca!

Andi M. Sadat**
(dimuat di Smartcity Magazine, Edisi 7, Oktober 2015)


**Uraian Singkat Penulis
Andi M. Sadat, lahir di Watampone, Sulawesi Selatan, adalah Dosen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Meraih jenjang sarjana pada Fakultas Ekonomi-Universitas Hasanuddin (Unhas), master pada Fakultas Ekonomi-Universitas Indonesia (UI), dan menempuh pendidikan doktoral pada Norwich Business School (NBS)-UEA, United Kingdom.

Selain pengalaman mengajar bidang manajemen dan pemasaran di beberapa program pascasarjana seperti PPS-UI, MM-Unila, MM-USU, MM-UNJ dst., juga aktif sebagai konsultan dan trainer independen dengan klien-klien seperti Bank BNI, Askrindo, Gapura Angkasa, Jamsostek, Depdag, BPEN, Mustika Ratu, termasuk family business, UMKM, Bank Perkreditan Rakyat (BPR), dst.

Menulis buku: Brand Belief, Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan, Pasar Moderen & Tradisional Bersinergi Membangun Bangsa, 70 Hal yang Menghancurkan Bisnis Anda, Outstanding Speaking; Ubah Ketakutan jadi Kekuatan Anda.
‘PostBanner’

Comment